Pengertian Mad Lazim: Pembagian, Contoh, & Cara Baca

Sebelum fokus kepada pengertian Mad Lazim dan jenis-jenisnya, mari kita pahami dahulu penyusunan Mad Lazim. Mad Lazim tersusun atas dasar huruf mad, atau bertemu dengan huruf mad yang mengharuskan Mad Lazim dibaca lebih panjang ketimbang mad hakiki itu sendiri. Mad Lazim merupakan bagian dari 13 Mad yang tersusun dalam kelompok bacaan Mad. Yaitu Mad Thabi’i, Wajib Muttashil, Layyin, dan lain sebagainya.

Pengertian Mad Lazim

Pengertian Mad Lazim yaitu membaca dengan panjang. Sedangkan bacaan panjangnya adalah tiga alif atau enam harokat. Pengertian Mad Lazim secara bahasa, Mad sendiri artinya adalah bacaan panjang, dan Lazim bisa diartikan biasa, wajar, dan pasti. Sehingga arti dari Mad Lazim adalah suatu bacaan panjang yang terdapat di dalam Al-Quran dengan panjang yang wajar dan pasti. Jadi tidak boleh dibaca lebih dari enam harakat.

Mad Lazim adalah salah satu cara baca di dalam Al-Quran yang wajib diketahui oleh orang-orang Islam. Mad Lazim ada di dalam ilmu Tajwid. Di mana ilmu ini merupakan tata cara agar ketika membaca Al-Quran mahkrajul huruf dan cara membacanya dapat terdengar dengan jelas.

Mad Lazim, suatu bacaan menjadi dibaca panjang juga memiliki ciri-ciri tertentu. Biasanya memiliki tanda coretan panjang yang diikuti dengan Mad Thobi’i. Atau bisa jadi dengan tanda lain yang menandakan panjang atau bisa jadi tasydid. Tergantung jenis Mad Lazim itu sendiri.

Pembagian Mad Lazim

Mad Lazim secara umum terjadi ketika ada huruf yang terletak sesudah Mad Thobi’i ada huruf yang mengandung sukun asli dan bukan wakaf, maka hukum bacaannya Mad Lazim. Lalu apa yang dimaksud dengan sukun asli? Yaitu ketika sukun apabila berada di tengah atau akhir wakaf, hukum bacaan sukunnya tidak berubah. Mad Lazim sendiri terbagi dalam 4 macam yaitu Mad Lazim Mutsaqqal Kilmi, Mukhoffaf Kilm, Mutsaqqol Harfi/Musyba Harfi, dan Mukhoffaf Harfi. Berikut penjelasan beserta contohnya.

Mad Lazim Mutsaqqal Kilmi

Mad Lazim Mutsaqqol Kilmi, mad artinya dibaca panjang. Lazim dibaca wajar, panjang, dan pasti. Mutsaqqol artinya berat, sedangkan Kilmi berarti dalam satu kalimat. Sehingga arti secara bahasa adalah suatu bacaan di dalam Al-Quran yang lazim dibaca panjang dengan cara membaca yang berat dan berada di dalam satu kalimat.

Mad Lazim maksudnya adalah ketika ada Mad Thobi’i yang dihadapkan dengan huruf bertasydid dalam satu kalimat sama, sedangkan pengertian Mad Lazim Mutsaqqol Kilmi secara istilah adalah kalimat yang hukumnya wajib untuk dibaca panjang enam harakat dan diberatkan. Karena ada huruf Mad yang diiringi dengan huruf berharakat tasydid dalam satu kata, sedangkan cara membacanya diberatkan karena diidghomkan.

Contoh Mad Lazim Mutsaqqal Kilmi:

Mad Lazim Mutsaqqal Kilmi
Mad Lazim Mutsaqqal Kilmi

Contoh bacaan Mad Lazim Mutsaqqol Kilmi di atas merupakan bacaan yang didahului mad Thob’i dan bertemu dengan huruf qofyang memiliki tasydid. Bacaan ini harus dibaca panjang 3 alif 6 harakat.

Mad Lazim Mukhaffaf Kilmi

Mad Lazim Mukhaffaf Kilmi berasal dari kata Mad yang artinya panjang, Lazim artinya wajar, panjang. Mukhaffaf artinya yang diringankan. Sehingga Mad Lazim Mukhaffaf Kilmi adalah suatu bacaan yang harus dibaca panjang, dan cara bacanya ringan berada dalam satu kalimat. Panjangnya 3 alif 6 harakat.

Mad Lazim Mukhaffaf Kilmi adalah ketika ada Mad Thobi’i yang sedang bertemu dengan huruf yang memiliki harakat sukun dalam satu kalimat. Jika kita ingin melihat perbedaan antara Mad Lazim Mutsaqqol dengan Mad Lazim Mukhoffaf, bisa dilihat dari Tasydid yang dimiliki Mutsaqqol. Sedangkan dari Mukhoffaf, tidak memiliki tasydid melainkan sukun. Di dalam Al-Quran yang merupakan contoh bacaan ini hanya ada satu contoh yaitu:

Mad Lazim Mukhaffaf Kilmi
Mad Lazim Mukhaffaf Kilmi

Dalam contoh Mad Lazim Mukhaffaf Kilmi ini ada Mad Thobi’i fathah diikuti alif yang bertemu dengan sukun dan berada dalam satu ayat. Maka hukum bacaannya adalah sesuai penjelasan di atas yakni Mad Lazim Mukhaffaf Kilmi.

Mad Lazim Mutsaqqol Harfi/Musyba Harfi

Mad Lazim Mutsaqqol Harfi, berasal dari kata Mad yang artinya panjang. Lazim artinya wajar, panjang, dan pasti. Sedangkan Mutsaqqol artinya berat.Sehingga artinya adalah sebuah bacaan yang lazim dibaca panjang, dengan cara membaca yang ringan.

Mad Lazim Mutsaqqol Harfi adalah ketika ada tiga huruf bacaan Mad yang sedang sejajar atau beurutan, dan di depannya ada huruf bertasydid, lalu diidhghomkan, karena terjadi pada fawatihussuwar, maka disebut Mad Lazim Mutsaqqol Harfi.

Contohnya:

Mad Lazim Mutsaqqol Harfi
Mad Lazim Mutsaqqol Harfi

Seperti contoh di atas yang menunjukkan ada huruf fawatihussuwaryaitu pembukaan surat dalam Al-Quran dengan tanda panjang yang dibaca panjangnya 3 alif atau 6 harakat. Bacaan Mad ini khusus untuk pembuka surat.

Mad Lazim Mukhoffaf Harfi

Mad Lazim Mukhoffaf Harfi jika dilihat dari arti per kata, Mad artinya bacaan panjang. Sedangkan Lazim berarti panjang, wajar, dan pasti. Mukhoffaf artinya ringan. Sehingga artinya adalah suatu bacaan yang lazim untuk dibaca panjang, dengan bacaan yang ringan. Contoh bacaan ini adalah kalimat atau huruf yang berada di awal surat atau fawatihussuwar.

Mad Lazim Mukhoffaf Harfi adalah kebalikan dari Mas Lazim Mutsaqqol Harfi yakni, ketika ada tiga huruf Mad yang sejajar namun dihadapannya bertemu dengan sukun. Sebagai pengingat antara keduanya, Mad Lazim Mukhoffaf Harfi dan Mutsaqqol Harfi adalah pada bacaan ini wajib terletak di awal surat.

Contohnya:

Contoh Mukhoffaf Harfi
Contoh Mukhoffaf Harfi

Dalam contoh Mad Lazim Mukhoffaf Harfi di atas, ia sama-sama berada di awal surat sebagai pembuka surat. Hanya saja tanda baca panjangnya berbeda dengan Mad Lazim Mutsaqqol Harfi. Yaitu seperti alif.

Cara Baca Bacaan Mad Lazim

Mad Lazim adalah suatu bacaan di dalam Al-Quran yang wajib dibaca panjang. Panjangnya tiga alif atau enam harakat. Panjang bacaan ini untuk semua Mad Lazim tanpa terkecuali. Dari kesemua Mad Lazim yang ada, cara membaca tetap sama, tetapi yang membedakan adalah tanda. Jika Mutsaqqol selalu bertemu dengan tasydid, tidak dengan Mukhoffaf, selalu dengan tanda sukun. Dengan empat Mad Lazim, kita tahu bahwa di dalam Al-Quran, ada bacaan yang dibaca lumayan panjang.

Dengan beberapa macam Mad lazim, dapat disimpulkan bahwa Mad Lazim memiliki empat macam yang harus dibaca panjang berkisar 3 alif 6 harakat dengan ketentuan yang berlaku. Seperti di dalam bacaan Mad Lazim MutsaqqolKilmi, ia adalah bacaan Mad Lazim yang harus dibaca dengan berat karena ada tasydid yang mengiringi. Sedangkan dalam bacaan Mad Lazim Mukhoffaf, ia adalah suatu bacaan mad yang harus dibaca panjang dengan cara membaca yang ringan. Begitu juga dengan kata Kilmi, ini menandakan bahwa bacaan tersebut berada dalam satu kalimat.

Baca Juga: Pengertian Huruf Ikhfa

Demikian, mari kita belajar tajwid dengan benar agar kita dapat membaca Al-Quran dengan bacaan yang baik dan benar. Karena tidak hanya Mad Lazim saja, ada banyak hukum bacaan yang harus dipelajari. Semoga artikel tentang Mad Lazim ini dapat bermanfaat bagi pembaca.

Tinggalkan komentar