Pengertian Al-Quran: Fungsi, Kedudukan, dan Keistimewaan

Pengertian Al-Quran – Semua umat islam pasti sudah mengenal Al Quran. Tapi taukah anda mengenai fungsi, kedudukan, keistimewaan, dan isi pokok dari Al-Quran ? Nah dalam artikel kali ini kami akan membahas tentang hal tersebut supaya kita semua bisa tahu lebih dalam tentang Al-Quran.

Sebagai umat islam, selain membaca dan menghafal Al-Quran kita juga perlu mempelajari pengetahuan dari kitap suci Al-Quran itu sendiri, karena merupakan itu adalah suatu hal yang bersifat wajib. Mengingat Al-Quran sendiri merupakan sebuah pedoman hidup seluruh umat islam.

Pengertian Al-Quran

Pengertian Al-Quran dalam artikel kali ini terbagi menjadi 2 macam pengertian yaitu 1. pengertian Al-Quran meburut bahasa dan istilah dan juga 2. pengertian Al-Quran menurut para ahli. Lalu mana yang benar dari kedua pemahaman tersebut ? ke-2 pemahaman tersebut benar, dan semuanya bisa kita pelajari untuk menambah wawasan pengetahuan tentang Al-Quran.

1. Pengertian Al-Quran Meburut Bahasa dan Istilah

Secara bahasa dan istilah Al-Quran adalah sebuah kitap suci bagi seluruh umat islam yang sifatnya wajib untuk diketahui, dibaca, diamalkan, dan dipelajari. Selain itu Al-Quran juga merupakan sebuah sumber pedoman hidup dan sumber hukum utama dalam ajaran agama islam.

Al-Quran sendiri berasal dari bahasa Arab yang mana merupakan bentuk jamak dari kata benda (masdar). Al-Quran diambil dari kata kerja qar’a-yaqra’u-qur’anan yang artinya sesuatu yang dapat di baca berulang.

Jika kita lihat penjelasan diatas, secara istilah berarti Al-Quran merupakan sebuah bacaan yang bersifat mulia dan merupakan wahyu dari Allah Ta’ala kepada Nabi Muhammad SAW. Selain itu Al-Quran juga merupakan kitap suci penutup dari agama samawi (yang di turunkan dari langit).

2. Pengertian Al-Quran Menurut Para Ahli

Menurut pandangan para ahli atau ulama Al-Quran merupakan firman Allah Ta’ala yang tidak memiliki tandingan atas kitap apapun. Al-Quran sendiri diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW, yang mana merupakan penutup dari para Nabi dan juga rasul. Selain itu kitap suci Al-Quran juga diberikan melalui perantara malaikat Jibril dan ditulis dengan mushaf-mushaf.

Selain penjelasan diatas, dibawah ini juga ada penjelasan secara singkat dari para ahli atau ulama. Berikut ini pengertian menurut beliau:

  • DR. Subhi as-Salih

Menurut beliau, Al Quran adalah kalam Allah SWT yang merupakan mukjizat dan diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW, ditulis dalam mushaf, diriwayatkan secara mutawatir, dan membacanya bernilai ibadah.

  • Muhammad Ali ash-Shabuni

Al Quran adalah firman dari Allah SWT yang tidak ada tandingannya. Diturunkan kepada Rasulullah Muhammad SAW yang merupakan penutup para nabi dan rasul melalui perantara malaikat Jibril. Membaca dan memahami Al-Quran juga merupakan ibadah.

  • Syekh Muhammad Khudari Beik

Al quran adalah firman dari Allah SWT yang berbahasa Arab dan diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW untuk dipahami isinya. Disampaikan kepada penerus umat secara mutawatir, ditulis dalam mushaf, diawali dengan surat Al-Fatihah, dan diakhiri dengan surat An-Naas.

Fungsi Al-Quran untuk Manusia

Tidak hanya untuk dibaca dan dipahami. Al Quran juga memiliki fungsi dan peran penting dalam kehidupan semua umat manusia yang beragama Islam. Bertikut ini fungsi dari Al-Quran untuk manusia:

  • Sebagai petunjuk jalan yang lurus
  • Merupakan mukjizat bagi nabi Muhammad SAW
  • Menjelaskan kepribadian manusia
  • Penyempurnaan bagi kitab-kitab Allah
  • Al Quran dapat mengokohkan iman Islam
  • Tuntunan dan hukum untuk jalani kehidupan

Baca Juga: Arti Syafakallah dan Syafakillah

6 Kedudukan Al-Quran

Dalam agama islam al quran memiliki kedudukan paling tinggi. Dan kita sebagai umat islam yang beriman harus meyakinkan diri akan kebenaran dari al quran. Jadi secara garis besar al quran merupakan sebuah jalan keselamatan bagi seluruh umat islam di dunia dan akhirat. Berikut ini merupakan 6 kedudukan al quran yang bisa anda pahami:

  1. Al-Quran sebagai acuan kebenaran yang abadi dan terjaga keasliannya.
  2. Al-Quran sebagai penyempurna kitab-kitab sebelumnya.
  3. Al-Quran sebagai kallamulah, atau wahyu Allah SWT.
  4. Al-Quran sumber ilmu dan referensi utama agama islam.
  5. Al-Quran sebagai acuan dalam pedoman hidup.
  6. Al quran sebagai kitab berita dan kabar, yaitu kabar yang dibawa oleh Rasulullah untuk disebarkan kepada manusia.

Keistimewaan Al-Quran

Sebagai penyempurna dari kitap-kitap sebelumnya, tentu Al-Quran memiliki keutamaan yang sangat luar biasa untuk kehidupan kita. Selain itu didalam Al-Quran juga terdapat banyak sekali petunjuk sekaligus penjelasan yang bisa kita pelajari seperti adanya hari kiamat, kisah-kisah umat terdahulu, akidah, ahlak, dan lain sebagainnya. Berikut ini adalah keistimewaan Al-Quran:

1. Ayat Al-Quran Sebagai syarat Sahnya Sholat

Jika seseorang menjalankan ibadah sholat wajib atau sunnah tanpa membaca surat al quran (surat al fatihah) maka sholat tersebut dianggap tidak sah. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, yang artinya:

Tidak ada shalat bagi orang yang tidak membaca surat al-Fatihah. [HR. Bukhari-Muslim]

2. Al-Quran Mudah untuk Dihafal

Seperti yang kita tahu, bahwa islam adalah agama yang selalu diberi kemudahan dalam mempelajarinya. Salah satunya yaitu kemudahan dalam menghafal Al-Quran. Seperti yang dijelaskan dalam surat al-Qamar ayat 32, yang artinya tidak lain yaitu:

Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan al-Qur’an untuk pelajaran.

3. Mendatangkan Ketenangan

Jika kita membaca Al-Quran maka niscaya akan mendapatkan ketenangan dan juga rahmat dari Allah SWT. Hal tersebut berdasarkan sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, yang artinya:

Tidaklah berkumpul suatu kaum dalam suatu majlis kecuali turun pada mereka ketenangan dan diliputi oleh rahmat dan dikerumuni oleh malaikat dan Allah akan menyebutkan mereka di hadapan para malaikatnya”. [HR. Muslim].

4. Sebagai Ilmu Pengetahuan

Dalam Al-Quran menyimpan banyak sekali ilmu pengetahuan yang bisa kita pelajari. Bahkan pengetahuan tersebut sulit dipercaya para ilmuan, karena memang terbukti kebenarannya. Salah satu ilmu pengetahuan yang disebutkan dalam Al-Quran yaitu tentang gunung, yang mana Allah berfirman dalam surat Al Anbiya ayat 31, yang artinya:

Dan telah kami jadikan di bumi ini gunung-gunung yang kokoh sehingga bumi tidak goncang bersama mereka… (QS Al Anbiya: 31)

5. Al-Quran Pasti Benar dan Hukumnya Adil

Keistimewaan Al-Quran lainnya yaitu semua isi atau berita didalam Al-Quran itu pasti benar dan hukumnya admil. Seperti yang terdapat didalam firman Allah surat al-An-‘aam ayat 115 yang artinya:

Telah sempurnalah kalimat Rabbmu (al-Qur’an), sebagai kalimat yang benar dan adil. Tidak ada yang dapat merobah-robah kalimat-kalimat-Nya [al-An-‘aam: 115].

Sahabat berdakwah.com, itulah sedikit artikel yang dapat kami bagikan mengenai pengertian Al-Quran, kedudukan, fungsi, dan juga keutamman. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.

Referensi:

[1] https://brainly.co.id/tugas/3711523
[2] https://almanhaj.or.id/2824-keistimewaan-keistimewaan-al-quran.html

Tinggalkan komentar